Chrome Pointer

Senin, 29 Juni 2015

TOBY JENGKOL CERITA KOMEDI REMAJA KONYOL : "ANAK KEHIDUPAN part 2"



Dan Alhamdulillah di ujung jalan sana kayaknya sih ada. Tapi masih tutup dan orangnya masih pake sarung doang. Duduk di bale-bale sambil kilik-kilik kuping pake bulu ayam. Ya iyalah, pake bulu ayam, masa pake kunci inggris?

"Bang, tolong ditambalin ya! Kayaknya bocor tuh!" ujar Toby seraya memarkirkan motornya di situ.

"Bukan kayaknya, tapi emang bocor beneran!" sahut pemilik tambal ban itu kalem.
"Belum tentu! Jangan yakin gitu dong! Duluin takdir itu nggak baik, lho!" sahut Toby tak kalah kalem.

Orang itu cuma manggut-manggut kayak perkutut. "Yah, taroh aja di situ! Sebentar, gua mau mandi dulu!"

"Lho, ini gimana sih? Jangan mandi Bang, saya buru-buru ke sekolah nih!" protes Toby. Masa iya mau ditinggal mandi dulu. Nanti kelamaan lagi. Kan bisa telat!

"Iya, gua tau lu mau ke sekolah! Siapa juga yang bilang lu mau ke sawah?" sahut lelaki berkumis mirip Jenghis Khan itu. "Soalnya kalau gua kagak mandi, rasanya semangat kerja kagak ada. Terus kreativitas kagak timbul, dan imajinasi jadi kurang tajam."

Bujug buset!

Akhirnya, Toby nongkrong di bale-bale tambal ban itu cukup lama. Nungguin tukang tambal ban sinting itu yang nekat mandi dulu. Mandinya sih nggak lama, tapi karena ngambil airnya rada jauh (mungkin di pinggir kali sana, dan harus naik ojeg tiga kali sambung), otomatis mandinya jadi lamaaaa buanget deh. Tinggal Toby yang kelimpungan di situ. Nanti bisa telat nih. Terus gimana kalo benar-benar telat? Siapa yang ngurus kabel dan mik?

Sebenarnya sih bisa aja diganti oleh orang lain. Tapi kan itu udah ditugaskan pada Toby. Tanggung jawab Toby. Jadi gimana dong kalo nanti dikira Tom menyepelekan tugas. Apalagi sampai dicap tak bertanggung jawab. Waduh! Lagian, cap 'tak bertanggung jawab' itu kan konotasinya jelek banget, seperti abis ngebuntingin anak orang terus kabur!

Atau, gimana kalo bikin alesan aja ke Pak Rado? Misalnya, bilang kalo lagi nganter nenek ke dokter bedah plastik. Ah, rasanya kurang sip! Yang namanya nenek-nenek, biar dibedah plastik sampai ngabisin puluhan ember ama baskom juga, tetep aja keriput. Atau bilang aja kalo rumah lagi kebakaran? Uh, jangan deh! Nanti kalo kualat dan kebakaran beneran gimana? Lagian nggak tega rasanya ngebohongi Pak Rado yang udah mempercayai Toby. Untuk itu iseng-iseng Toby bertanya pada tukang tambal ban itu yang sedang sibuk nambal.

"Bang, mungkin nggak ya kalo kita ngebohongin orang yang udah percaya ama kita?" tanya Toby.

Orang itu menoleh sebentar, lalu memelintir kumisnya sambil menjawab kalem, "Mungkin aja. Yang tidak mungkin tuh ngebohongin orang yang tidak mempercayai kita."

Toby tercekat. Hm, pinter juga pohon asem ini.

Tak terasa, udah hampir satu jam Toby nongkrong di situ. Dan tentu saja jam untuk upacara udah lewat. Sudah terlambat. Tapi motor Toby masih belum selesai. Masih dipompa dengan penuh birahi oleh tukang tambal ban item gempal itu.

Yah, mau gimana lagi, terpaksa hari ini harus bolos sekolah. Kalo masih nekat ke sekolah, selain nanti dihukum lari keliling lapangan lantaran terlambat dan tidak mengikuti upacara bendera, pasti lah Toby didamprat teman-teman petugas upacara yang lain. Apalagi kalo nanti ketemu Pak Rado, mau ngejawab apa kalo ditanya?

Toby bukannya lari dari kenyataan dan kesalahan. Tapi dia merasa ini bukanlah waktu yang tepat untuk menjelaskannya. Mungkin besok saja.
Tiba-tiba, dari arah pasar tampak seorang bocah berlari sekuat tenaga sambil terpogoh-pogoh. Sedang di belakangnya ada dua orang lelaki dewasa yang mengejarnya.

"Tangkap! Maling..!" teriak lelaki yang mengejarnya itu.

"Tangkap..!!!" teriak pria yang satunya lagi.

Saat itu mereka udah dekat dengan tempat Toby duduk. Dan bocah itu tampak kepayahan sekali. Wajahnya pucat. Bayangan ketakutan yang amat sangat tersirat di wajahnya. Dia merasa tubuhnya akan dilumat oleh dua orang lelaki yang mengejarnya. Sialnya, bocah itu tersandung batu di tepi trotoar. Dan dia langsung tersungkur di dekat kaki Toby. Bocah itu berusaha untuk bangkit dan berlari lagi, tapi kakinya terasa ngilu. Ia meringis kesakitan.

Refleks Toby menolong dan membantunya untuk berdiri lagi. Tapi bocah itu tampak lemah dan tubuhnya gemetaran. Dia sudah tidak kuat lari lagi, walau nyali untuk melarikan dirinya cukup gede.

"Kena kau, maling kecil!!!" geram lelaki kurus yang mengejarnya. Dicengkeramnya lengan bocah kecil itu. Mungkin mau dihajar gitu.

"Tahan!" cegah Toby sambil melindungi bocah itu dari cengkeraman si lelaki kurus.

"Ada apa ini, Pak?"

"Minggir kau! Biarkan maling ini kami tangkap!" seru pria yang satunya lagi.

"Dia udah nyolong duit kami!" bentak si kurus gahar.

"Iya, duit gue lima rebu dicolongnya! Dan duit teman gue ini sepuluh rebu disikap pula! Sekarang biarkan kami ngehajar maling cilik ini!" kata yang satunya lagi dengan galak.

"Tenang, Om! Tenang!" sergah Toby menenangkan. Lalu menatap bocah itu. "Eh, benar kamu ngambil duit orang-orang ini?"

Bocah itu diam. Tubuhnya gemetaran. Dia menggigit bibirnya sendiri.
"Kalo iya, ngaku aja! Nggak usah takut!" kata Tom lagi, sambil menatap mata anak kecil itu.

Dengan wajah ketakutan, bocah itu...

Bersambung

0 Comment: