Chrome Pointer

Sabtu, 16 Januari 2016

SEJARAH SINGKAT HOTEL BIDAKARA JAKARTA





Hotel Bidakara Jakarta diresmikan sebagai hotel bintang empat pada tanggal 16 Desember 1998. Hotel ini terletak di Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 71-73 Jakarta Selatan. Dalam pelaksanaan operasionalnya, Hotel Bumi Karsa Bidakara berada dibawah pengawasan PT Mekar Prana Indah (MPI) yang juga mempunyai beberapa unit usaha yang berlokasi di Kompleks Bidakara – Jl. Jendral Gatot Subroto Kav 71-73, Pancoran Jakarta Selatan. Adapun unit usaha yang dimiliki oleh PT MPI antara lain perhotelan, pusdiklat, perkantoran, dan jasa umum.

Dengan berkembangnya kebutuhan akan ruang-ruang untuk pelatihan dan meeting maka unit Pusdiklat bergabung dengan unit Perhotelan sejak bulan Juli 2004 sampai dengan bulan Desember 2009. Sedangkan pada awal Januari 2010, Hotel dengan unit Pusdiklat dan PT MPI akhirya berpisah kembali, adapun pemisahan tersebut unit Pusdiklat dikelola oleh PT MPI dan untuk unit Hotel dikelola oleh PT HBB (Hotel Bumikarsa Bidakara). Walaupun untuk unit Hotel sudah berpisah dan dikelola oleh PT HBB, untuk pengawasan tetap dilakukan oleh PT MPI karena PT HBB merupakan anak perusahaan dari PT MPI. 

Dalam perkembangannya, Hotel Bidakara Jakarta yang menempati tanah bekas perumahan karyawan Bank Indonesia dengan luas 45 hektar, tampil  sebagai salah satu Hotel dengan produk dan layanan yang inovatif, yaitu bernilai tambah yang mendukung kegiatan bisnis  dan konvensi berbagai institusi pemerintahan dan swasta yang keberadaannya memiliki akses yang kuat terhadap lokasi Hotel Bidakara Jakarta. Hotel Bidakara Jakarta adalah hotel MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) yang memiliki fasilitas kamar berjumlah 174, terdiri atas 145 kamar Deluxe, 15 kamar Executive, 11 kamar Junior Suite, 1 kamar Moderate Suite, dan 2 kamar Family Suite. Fasilitas lainnya berupa 4 Outlet Restoran, Room Service 24 jam, Laundry, Kolam Renang, Pusat Kebugaran, Concierge, Karaoke, Salon dan 18 Ruang Pertemuan yang keseluruhannya difasilitasi dengan layanan internet berkapasitas 1 Mbps. Kemudian selain dari pada itu, sebagai Hotel Bisnis dan Konvensi, citra Hotel Bidakara Jakarta tentunya lekat dengan keberadaan 2 Ballroom, yaitu Birawa Assembly Hall (berkapasitas hingga 3000 orang) dan Auditorium Binakarna (berkapasitas hingga 1200 orang).

-- Digunakan sebagai BAB II dalam Laporan Praktik Industri Bogor EduCARE Angkatan 18 --

0 Comment: