Chrome Pointer

Jumat, 15 Januari 2016

KREASI DAN INOVASI


Di dalam kehidupan bermasyarakat atau bermuamalah maka melakukan inivasi atau berkreasi sangat dianjurkan untuk dilakukan. Jika tidak ada inovasi dan kreasi, hidup kita sekarang tidak akan seperti ini, boleh jadi tidak akan banyak berbeda dengan kehidupan 1000 tahun silam. Inovasi dan kreasi umumnya bertujuan untuk mempermudah hidup lebih nyaman. Inovasi secara sederhana bisa diartikan dengan penemuan (baru) sedang kreasi adalah sesuatu yang ditambahkan pada penemuan itu. Misalnya ada penemuan mobil, kemudian pada mobil tersebut ditambahkan aksesoris supaya mobilnya bisa lebih nyaman dikendarai dan lebih indah dilihat.

Inovasi dan kreasi tersebut semestinya hanya terbatas pada kehidupan dunia saja tetapi sekarang ini sudah kebablasan, sehinga sudah menjalar kepada kehidupan beragama. Sementara dalam agama sudah ada ketentuan baku yang harus kita ikuti dan ketentuan itu berlaku sampai akhir zaman nanti, tidak boleh ada inovasi, kreasi atau revisi.

Kalau sebelumnya ada beebrapa orang yang berkreasi dalam melakukan ibadah kepada Alla, berkreasi dalam artian menampilkan sesuatu yang baru dalam pendekatan diri kepada Allah maka saat ini ada pula orang yang berkreasi di dalam seni membaca Al-Qur’an. Alasannya yaitu menghadirkan Al-Qur’an dalam nuansa keindonesiaan. Ditengarai seni baca Al-Qur’an dengan lagu yang dikumandangkan sejak dahulu sampai sekarang berbau budaya Arab.

Source from: Lembaran Dakwah IPERKAHRI – PHRI

0 Comment: